PRONT OFFICE TERKADANG BERFUNGSI GANDA
BIRINGKANAYA – Front office di suatu Instansi menjadi tempat
utama untuk diperhatikan. Kegiatan yang terjadi di kantor depan harus diatasi
dengan sigap dan dilayani oleh staf front office secara langsung. Tugas front
office yang paling utama adalah melayani tamu yang datang. Seorang front office
bertanggung jawab penuh atas kepuasan tamu yang dilayani dan menjadi tolok ukur
atas kinerjanya. Biasanya pekerjaan seorang front office akan diawasi oleh Atasan
langsung dari suatu instansi atau lembaga. Dan sebaiknya alur kegiatan pelayanan yang dilakukan sesuai
dengan SOP yang berlaku.
TUMPANG TINDIH PEKERJAAN DI PRONT OFFICE
Kondisi inilah yang membuat diri kita merasa tidak nyaman. Tanpa
disadari, rasa tumpang tindih ini menggangu keharmonisan sekaligus konsentrasi
untuk bekerja. Tumpang tindih terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik,
yang membuat kerja kita menjadi tidak kondusif. Jika ada komunikasi yang baik
antara team, maka cukup salah satu dari kita saja yang mengerjakan, karena tidak
dikomunikasikan dengan baik, maka pekerjaan yang harusnya dikerjakan oleh satu
orang, menjadi tidak selesai, lalu melibatkan banyak orang untuk menyelesaikan
pekerjaan tersebut.
TIPS DALAM PEKERJAAN YANG TUMPAH TINDIH
Pertama, diskusikan dengan orang yang
bersangkutan. Jika kita merasa telah mengerjakan pekerjaan yang seharusnya
rekan kita kerjakan, dan ternyata malah menjadi ganda dan membuang waktu dan
tenaga kita, maka kita harus berdiskusi dengan rekan kita yang bersangkutan.
Hasil pekerjaan yang ganda tersebut terjadi karena kita kurang berkomunikasi
dengan rekan kerja kita, jika memang ada suatu pekerjaan yang rancu dan kita
merasa ragu apakah kerjaan tersebut harus kita yang mengerjakan atau itu tugas
untuk teman kita, maka jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada rekan
kita atau ke atasan yang memberikan tugas.
Kedua, Ceritakan akibat buruknya
yang justru menghambat pekerjaan. Dengan adanya hasil pekerjaan yang ganda tersebut, mengakibatkan
kerjaan kita yang lain menjadi terhambat, akibatnya pekerjaan yang seharusnya
dapat kita selesaikan dengan tepat waktu, menjadi molor waktu. Akibatnya kita
akan dipandang buruk oleh atasan kita dan kita akan dipandang sebagai orang
yang tidak bisa mengatur waktu padahal waktu yang diberikan sudah sangat cukup,
kita akan dipandang menjadi orang yang lama dalam mengerjakan sesuatu. Maka
dari itu komunikasikanlah dengan rekan kerja anda yang mengalami tumpang tindih
dengan kita dan bicarakan kepada atasan kita bahwa ini murni kesalahan rekan
kita.
Ketiga, Cross Check pekerjaan kita dan orang tersebut. Jika tumpang
tindih sudah terlanjur terjadi hal yang harus dilakukan adalah mengecek kembali
kerjaan kita dan kerjaan rekan kerja kita yang sama dengan kita, apakah isinya
sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh atasan kita?
Jadikan kesalahan yang telah kita lakukan tersebut menjadi
pelajaran dan hikmahnya yaitu pekerjakan ganda yang kita kerjakan menjadi
semakin lebih lengkap dan lebih lengkap jika memadukan hasil kerja kita dan
rekan kerja kita.
Keempat, Buatlah kesepakatan tentang siapa mengerjakan apa. Hal yang
harus dilakukan agar berikutnya tidak terjadi tumpang tindih lagi adalah
membuat kesepakatan dengan rekan kerja kita. Diskusikan dengan baik jika
berikutnya ada kerjaan serupa yang harus dilakukan baiknya dikerjakan oleh
siapa, karena saling menyalahkan tidak membuat pekerjaan kita semakin ringan,
justru malah menambah beban jika akhirnya mengakibatkan hubungan kita dengan
rekan kerja kita menjadi renggang.
Kelima, Selesaikan pekerjaan selanjutnya. Terjadinya tumpang tindih
tersebut membuat pekerjaan kita yang seharusnya selesai lebih cepat menjadi
terhambat, hal yang harus kita lakukan yaitu kerjakan pekerjaan selanjutnya
yang seharusnya kita kerjakan, dan jangan terlalu memikirkan hal yang sudah
terlanjur kita kerjakan.
Thank you Allah IN EVERY SITUATION
Tidak ada komentar:
Posting Komentar